Thursday, September 17, 2015

Legenda Steller's Sea Ape


Steller's sea ape ((Simnia marina danica) ialah hewan maritim (keberadaannya belum dikonfirmasi) yang digambarkan dari satu kali penampakan oleh penjelajah Georg Wilhelm Steller pada 10 Agustus 1741, di perairan kepulauan Shumagin, Alaska.

Ini ialah satu-satunya hewan yang digambarkan oleh Steller, yang belum dikuatkan oleh bukti fisik atau dari saksi mata lainnya.

Georg Wilhelm Steller (1709-1746) ialah naturalis Jerman yang dikenal alasannya ialah karyanya di Rusia dan Alaska.

Georg Wilhelm Steller

Dia menggambarkan banyak spesies flora dan binatang, termasuk Steller's eider, Steller's jay, Steller's sea eagle dan Steller's sea cow.

Dalam sekitar dua jam pertemuannya dengan sea ape, Steller menulis bahwa ia bisa mengamati hewan itu dari jarak yang dekat, sekitar 4 meter.

Dia menggambarkannya sebagai hewan sepanjang 1,5 meter dengan kepala yang ibarat dengan anjing. Matanya besar, indera pendengaran tegak, dan kumis panjang yang disamakan dengan kumis manusia. Ekornya ibarat dengan ekor hiu alasannya ialah lobus atas lebih besar dari yang lebih rendah, tetapi tidak mempunyai kaki depan atau sirip depan. Tubuhnya ditutupi rambut tebal keabu-abuan, tetapi perutnya berwarna putih kemerahan.


Steller ingat bahwa makhluk itu ibarat dengan hewan yang diilustrasikan oleh Conrad Gessner yang disebut Simia marina, bahasa Latin untuk "sea ape".

Steller menulis bahwa hewan itu bisa menaikkan ujung depannya keluar dari air selama beberapa menit sewaktu mengamati sebuah kapal, dan terlibat dalam sikap juggling lucu dengan sepotong rumput laut. Steller mencoba untuk menembak hewan itu mengunakan pistol tetapi gagal.

Buku catatan harian kapal tidak memperhatikan pertemuannya dengan sea ape, dan laporan pemerintah 1742 Steller juga tidak menyebutkannya, begitu pula dalam De Bestiis Marinis (‘The Beasts of the Sea’).

Namun, Steller menggambarkan sea ape dalam buku harian perjalanannya, diterbitkan secara anumerta sebagai Journal of a Voyage with Bering, 1741-1742.


Pelaut Miles Smeeton mencatat entri dalam bukunya Misty Islands, perihal perjumpaan dengan seekor hewan ketika berlayar di Kepulauan Aleutian pada tahun 1969.

Deskripsinya sangat ibarat dengan Steller. Binatang itu dilihat oleh Smeeton, anaknya, dan seorang teman. Pada ketika itu, mereka tidak tahu hewan apa itu, tetapi sesudah membaca deskripsi oleh Steller beberapa waktu kemudian, mereka merasa itu sangat cocok dengan pengamatan mereka sendiri.

Penjelasan

Menurut penulis biografi, Dean Littlepage, Northern fur seal muda nampaknya menjadi klarifikasi yang paling mungkin untuk penampakan tersebut.

Kaki depan mereka berada cukup jauh di belakang badan mereka sehingga kaki tersebut bisa dikaburkan di bawah permukaan air, dan ekor "seperti hiu" makhluk itu mungkin ialah sirip belakang anjing maritim ini.


Steller sudah bersahabat dengan fur seal, tetapi Littlepage menyarankan bahwa kondisi pencahayaan yang jelek selama pertemuan yang berlangsung usang dari fur seal muda mungkin sanggup menjelaskan kesalahan identifikasi tersebut.


Penjelasan lain bahwa sea ape mungkin merupakan anjing maritim dengan bulu yang cacat secara kongenital (cacat bawaan).

Penjelasan lain yang telah diajukan :

Hydrurga leptonyx (Leopard seal) atau Monachus schauinslandi (Hawaiian monk seal), yang umumnya cocok dengan deskripsi Stellar dan sikap fisik sea ape tetapi keduanya mempunyai indera pendengaran yang sanggup terlihat dan habitat mereka jauh dari Alaska, atau mungkin makhluk itu ialah Enhydra lutris (berang-berang laut), meskipun Steller familiar dengan berang-berang tersebut dan mereka jauh lebih kecil dari ukuran sea ape yang dilaporkan.

Leopard seal

Hawaiian monk seal

Kemungkinan lainnya ialah bahwa sea ape itu tidak ada dan Simnia marina danica, atau Danish sea ape, hanyalah sindiran dendam dengan karikatur (penggambaran dengan cara melebih-lebihkan) dari kapten kapal Denmark, Vitus Bering.

Andrew Thaler, spesialis ekologi, beropini bahwa klarifikasi ini didukung oleh beberapa faktor : Hubungan Steller yang suka berselisih dengan Bering; Bering menjadi satu-satunya Dane (orang Denmark) di kapal; laporan sea ape berkumis panjang (mirip dengan rambut wajah Bering); dan hilangnya makhluk itu dari laporan resmi Steller.

(Sumber : Steller's sea ape, Steller's Sea Ape)

Sumber http://blogmisteritesla.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com