Thursday, September 17, 2015

Legenda Owlman


Dalam kisah rakyat Inggris, Owlman (terkadang disebut Cornish Owlman atau Owlman of Mawnan) ialah makhluk menyerupai burung hantu yang dikatakan terlihat sekitar pertengahan tahun 1976 di desa Mawnan, Cornwall, Inggris.

Cerita bermula ketika Tony "Doc" Shiels diklaim telah menyidik laporan dari dua gadis muda ketika berlibur di Mawnan yang menyaksikan makhluk bersayap berukuran besar melayang di atas menara gereja pada 17 April 1976.

Menurut sebagian besar versi cerita, kedua gadis itu diidentifikasi sebagai June dan Vicky Melling.

Mereka sangat ketakutan oleh penampakan "manusia-burung berbulu" besar, bahwa ayah mereka segera memutus liburan keluarga mereka sesudah mendengar kisah keduanya.

Menurut Sheils, salah satu gadis memberinya skema makhluk itu, yang lalu ia beri nama "Owlman".


Owlman terkadang dibandingkan dengan Mothman alasannya ialah kemiripan di antara keduanya.

Owlman of Mawnan versi penduduk orisinil Amerika

Cerita itu lalu dikaitkan dalam pamflet berjudl Morgawr: The Monster of Falmouth Bay oleh Anthony Mawnan-Peller yang beredar di seluruh Cornwall pada tahun 1976.


Menurut Shiels, "Owlman" kembali dilaporkan pada 3 Juli oleh dua gadis berusia 14 tahun yang diidentifikasi sebagai Sally Chapman dan Barbara Perry yang mengetahui kisah perihal "Owlman".


Menurut cerita, pada 3 Juli, Sally Chapman (berusia 14 tahun) sedang berkemah bersama temannya, Barbara Perry, di hutan bersahabat gereja.


Saat ia bangkit di luar tendanya, ia mendengar bunyi mendesis dan berbalik ketika ia melihat sosok menyerupai burung hantu sebesar seorang laki-laki dengan pendengaran runcing dan bermata merah. Dia melaporkan bahwa makhluk itu terbang ke udara, sehingga mengatakan cakar hitamnya.


Penampakan makhluk ini terus dilaporkan pada hari berikutnya (ketika itu digambarkan sebagai "silvery gray") dan pada dua kesempatan di dua tahun kemudian, pada Juni dan Agustus tahun 1978, semua terjadi di sekitar gereja.

Pada tahun 1995, turis perempuan dari Chicago menulis ke Western Morning News di Truro, Inggris, mengklaim telah melihat "manusia-burung... dengan wajah mengerikan, bermulut lebar, matanya bercahaya dan bertelinga runcing" serta "sayap bercakar".


Klaim sporadis perihal penampakan "Owlman" di sekitar gereja beredar pada tahun 1978, 1979, 1989, dan 1995, dan berdasarkan legenda, "suara burung hantu yang sangat keras" sanggup terdengar pada malam hari di halaman gereja Mullion selama tahun 2000.

Sejarawan Gareth Medway menyarankan bahwa semuanya mungkin ialah hoax yang dilakukan oleh Shiels, alasannya ialah ia mempunyai reputasi hoaxing.

Karena kedua penampakan tahun 1970an melibatkan "Doc" Shiels, peneliti Jonathan Downes mengakui bahwa Shiels sanggup membuat Owlman.

Namun, Downes mengklaim telah mewawancarai seorang cowok yang ia sebut "Gavin", yang bertemu dengan Owlman pada tahun 1989 (penampakan ini tidak melibatkan Shiels).

Gavin dan pacarnya mengklaim telah melihat makhluk :

"Sekitar setinggi lima kaki (1,5 meter)... Kakinya mempunyai pergelangan kaki yang tinggi dan kakinya besar dan hitam dengan dua 'jari kaki' besar di sisi yang sanggup terlihat. Makhluk itu berwarna abu-abu dengan coklat dan matanya terang bersinar."

Penjelasan Owlman

Menurut Joe Nickell, menara gereja ialah tempat bertelur yang umum untuk barn owl, yang kemungkinan merupakan sumber penampakan Owlman.

Gereja Mawnan, tempat sebagian besar terjadinya penampakan Owlman

Menurut penulis dan presenter Fortean TV, pendeta Lionel Fanthorpe juga mengidentifikasi penampakan dari Eurasian eagle-owl (burung hantu elang eurasia) sebagai sumber dari legenda Owlman.


Eurasian eagle-owl ialah spesies burung hantu terbesar yang sanggup tumbuh sampai sepanjang 75 cm dengan lebar sayap 188 cm. Selain terbesar, burung ini juga merupakan salah satu yang paling banyak tersebar.


Sebagian besar habitatnya ialah kawasan pegunungan, hutan konifera, stepa, dan tempat-tempat yang relatif terpencil lainnya.

Beberapa peneliti telah mengusulkan bahwa Owlman ialah hoax yang diciptakan sebagai tiruan dari makhluk legendaris Mothman yang konon tinggal di Virginia, Amerika Serikat.

(Sumber : Owlman, Owlman)

Sumber http://blogmisteritesla.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com