Thursday, September 17, 2015

Legenda Fouke Monster


Dalam dongeng rakyat Arkansas, Monster Fouke dikatakan telah terlihat di Fouke, Miller County, Arkansas, selama awal tahun 1970an.

Monster Fouke, dikenal juga sebagai Southern Sasquatch atau Swamp Stalker of Boggy Creek.

Penemuan awal makhluk itu dipusatkan di wilayah Jonesville/Boggy Creek, di mana ia disalahkan atas kehancuran dari ternak lokal. Makhluk ini dituduh menyerang keluarga setempat. Kemudian, penampakannya terjadi di beberapa ratus mil ke utara dan timur Fouke.

Makhluk itu diberi nama oleh jurnalis Jim Powell, yang melaporkannya untuk Texarkana Gazette dan Texarkana Daily News.

Berbagai laporan yang terjadi antara tahun 1971 dan 1974 menggambarkan monster itu sebagai makhluk menyerupai hominid besar yang ditutupi rambut hitam panjang, mempunyai tinggi sekitar 2 meter dan berat antara 110-140 kg. Para saksi mata menyampaikan dadanya mempunyai lebar 1 meter.


Laporan berikutnya, yang ditebitkan selama awal tahun 1980an, mengklaim bahwa makhluk itu jauh lebih besar, dengan satu laporan menggambarkannya mempunyai tinggi 3 meter, dengan berat diperkirakan 360 kg.

Beberapa laporan menggambarkan Fouke Monster sanggup berjalan cepat dengan gaya berjalan berderap dan mengayunkan lengannya dengan gaya yang serupa dengan yang dilakukan monyet.

Laporan juga menggambarkanya mempunyai bau yang jelek sekali, digambarkan sebagai kombinasi antara sigung dan anjing basah, dengan mata merah menyala seukuran dolar perak.


Berbagai jejak dan tanda cakar yang diklaim berasal dari makhluk itu telah ditemukan. Satu set jejak kaki dilaporkan berukuran panjang 43 cm dan lebar 18 cm, sementara yang lain muncul menyampaikan bahwa makhluk itu hanya mempunyai tiga jari kaki.

Laporan sebelum 1971

Laporan penampakan pertama yang dilaporkan terjadi pada tahun 1953 dan 1955 saat makhluk itu dilaporkan terlihat oleh seorang anak berusia 14 tahun.

Anak itu menggambarkannya mempunyai rambut coklat kemerahan, mengendus udara dan tidak bereaksi saat ditembak dengan birdshot.

Penyelidik, Joe Nickell melihat bahwa deskripsinya konsisten dengan beruang hitam yang salah diidentifikasi.

Meskipun sebagian besar kasusnya berasal dari awal 1970an, penduduk Fouke mengklaim bahwa makhluk menyerupai monyet telah berkeliaran wilayah itu semenjak tahun 1964, tetapi penampakan-penampakan itu belum dilaporkan ke layanan berita.

Legenda setempat juga menyatakan bahwa makhluk itu sanggup ditelusuri lebih jauh ke penampakan yang terjadi pada tahun 1946.

Penampakan paling awal berada di tempat Jonesville. Oleh alasannya ialah itu, makhluk ini dikenal sebagai "Jonesville Monster".


Sebelum laporan periode ke-20, beberapa laporan di area umum telah dikaitkan dengan Monster Fouke. Dua laporan yang paling banyak diedarkan berfokus pada laporan 1851 di Memphis Enquirer, dan laporan 1856 Caddo Gazette.

Laporan sesudah 1971

Meskipun klaim telah terjadi sebelumnya, Monster Fouke menjadi gosip utama pada tahun 1971, saat makhluk itu dilaporkan menyerang rumah Bobby dan Elizabeth Ford pada malam hari tanggal 2 Mei.


Menurut Elizabeth Ford, makhluk yang awalnya ia anggap sebagai beruang, mencapai layar jendela rumahnya saat ia sedang tidur.

Makhluk itu dikejar oleh suaminya dan saudaranya, Don, yang menderita shock ringan saat ia tiba.

Selama pertemuan itu, Ford melepas beberapa tembakan ke arah makhluk itu dan percaya bahwa mereka telah mengenainya, meskipun tidak ada jejak darah yang ditemukan.

Pencarian luas yang telah dilakukan gagal untuk menemukan makhluk itu, namun ditemukan jejak kaki tiga jari di bersahabat rumah, tanda gesekan di beranda, dan beberapa kerusakan di jendela dan papan rumah mereka.

Menurut Ford, mereka telah mendengar sesuatu yang bergerak di luar rumah pada larut malam, beberapa malam sebelum pertemuan itu terjadi.


Makhluk itu terlihat lagi pada 23 Mei 1971, saat D. C. Woods, Jr., Wilma Woods, dan Mrs. R. H. Sedgass melaporkan telah melihat makhluk menyerupai monyet yang melintasi Jalan Raya U.S 71.

Penampakan dalam jumlah banyak terjadi selama bulan-bulan berikutnya oleh penduduk lokal dan wisatawan, yang menemukan jejak kaki tambahan.

Jejak kaki paling terkanal ditemukan di ladang kedelai milik pemilik stasiun pengisian materi bakar, Scott Keith.


Jejak itu diteliti oleh oleh Carl Galyon, yang tidak sanggup mengonfirmasi keasliannya. Seperti cetakan jejak Ford, jejak itu menyampaikan bahwa makhluk itu hanya mempunyai tiga jari kaki.

Makhluk itu mulai menarik minat banyak orang selama awal tahun 1970an.

Segera sesudah gosip penampakan Ford, stasiun radio KAAY memposting hadiah sebesar $1,090 untuk makhluk itu.

Beberapa upaya dilakukan untuk melacaknya dengan anjing, tetapi anjing-anjing itu tidak sanggup mengikuti aromanya.

Ketika para pemburu mulai tertarik pada Monster Fouke, Sheriff Miller County, Leslie Greer, terpaksa menerapkan kebijakan "tidak memakai senjata" sementara untuk menjaga keamanan publik.

Pada tahun 1971, tiga orang didenda masing-masing $59 "karena mengajukan laporan monster yang palsu".

Setelah lonjakan gelombang perhatian besar, minat publik terhadap makhluk itu menurun hingga tahun 1973.


Minat terhadap Makhluk itu naik secara signifikan saat Charles B. Pierce merilis dokumenter bergaya horor, The Legend of Boggy Creek (1972), yang pada akibatnya menginspirasi penampakan pemanis hingga simpulan tahun 1990an.


Pada simpulan tahun 1974, minat itu kembali berkurang dan penampakan berhenti, tetapi kemudian penampakannya dimulai kembali pada Maret 1978, saat dua saudara lelaki melaporkan jejak yang ditemukan di Russellville, Arkansas.

Ada juga penampakan di Center Ridge, Arkansas. Lalu pada 26 Juni di tahun yang sama, penampakan dilaporkan terjadi di Crossett, Arkansas.

Selama periode ini, Monster Fouke disalahkan atas hilangnya binatang ternak dan serangan terhadap beberapa anjing.

Satu bulan sesudah penampakan Ford, arkeolog Dr. Frank Schambach (Southern Arkansas University) memilih bahwa "ada kemungkinan 99 persen jejak itu ialah tipuan".

Menurut Schambach, jejak-jejak itu bukan berasal dari spesies kera, menyerupai yang diklaim oleh para saksi. Jejak itu berasal dari makhluk yang mempunyai tiga jari kaki, sementara semua primata termasuk hominid, mempunyai lima jari kaki.

Selain jumlah jari kaki, Schambach mengutip beberapa kecacatan lain sebagai bab dari kesimpulannya :

"Wilayah itu tidak mempunyai riwayat sejarah dari acara primata, mengesampingkan kemungkinan bahwa makhluk itu ialah sisa-sisa spesies asli; semua primata benar-benar diurnal (aktif di siang hari), sementara Monster Fouke sepertinya sebagian aktif di malam hari."

Pada tahun 1986, Virgil Roberts (walikota Fouke) dan Leslie Greer (mantan Sheriff Miller County), beropini bahwa jejak Monster Fouke ialah buatan manusia.

Wakil Kepala, H. L. Phillips (rekan kerja Greer pada waktu itu), menyampaikan bahwa ia tidak mendapatkan panggilan mengenai monster itu selama bertahun-tahun.

Secara pribadi, ia tidak percaya monster itu ada "...Saya tidak mempercayainya. Tapi saya akan menyampaikan anda jangan berdebat dengan orang-orang yang menyampaikan bahwa mereka telah melihatnya. Banyak orang-orang yang terhomat dan bertanggung jawab".

Podcast Skeptoid menyimpulkan :

"Jadi secara total, setiap potongan kecil bukti bahwa Monster Fouke ada sama sekali anekdot. Tidak satu pun ada bab yang sanggup diuji. Monster Fouke sangat kurang cocok dengan model binatang hidup, tetapi sangat cocok dengan sebuah legenda lokal."

Monster Fouke mungkin Sasquatch yang sangat agresif, Skunk ape, atau humanoid berbulu lainnya yang menciptakan populasi tunggal.

Jika makhluk menyerupai monyet raksasa yang belum ditemukan bahwasanya telah berkeliaran di Amerika Utara, kemungkinan besar mereka ialah keturunan dari Gigantopithecus.

Teorinya ialah bahwa Gigantopithecus bertahan lebih usang daripada yang ditunjukkan dalam catatan fosil, dan mereka kemudian menyeberangi Jembatan Tanah Bering dengan insan selama Zaman Es terakhir.

(Sumber : Fouke Monster, Boggy Creek Monster)

Sumber http://blogmisteritesla.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com