Monday, June 3, 2019

Tempat Paling Absurd Di Bumi Ibarat Di Dunia Lain

Bumi, planet yang kita tinggali kini ini, menyimpan banyak rahasia. Beberapa sudah berhasil ditemukan, namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan. Yang sudah berhasil ditemukan yaitu adanya tempat-tempat indah, yang saking indahnya, tempat tersebut membuat kita serasa di dunia lain. Berikut ini yaitu tempat-tempat paling aneh di Bumi bagaikan dunia lain.

Fly Geyser, Nevada

 namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan Tempat Paling Ajaib Di Bumi Seperti Di Dunia Lain

Fly Geyser, atau kadang disebut juga dengan nama Fly Ranch, merupakan satu tempat di daerah Nevada, dengan panorama warna-warni yang indah dan dikelilingi oleh air yang mendidih. Namun, siapa sangka bila keindahan alam yang bagaikan di dunia lain ini tercipta lantaran kesalahan manusia?
Pada tahun 1960-an, dilakukan sebuah pencarian air irigasi di Black Rock Desert. Orang-orang kemudian mengebor tanah di sekitar sana. Mereka pun mendapat air, namun airnya tak sesuai dengan cita-cita mereka. Pasalnya, air yang menyembur justru air mendidih yang tidak cocok untuk lahan pertanian. Akhirnya sumur air itu ditinggalkan oleh orang-orang.

Lalu, pada pertengahan tahun 1960-an, sebuah perusahaan ikut melaksanakan pengeboran di area yang sama. Mereka bermaksud mencari energi panas bumi. Namun lagi-lagi perjuangan mereka gagal lantaran suhu yang dikeluarkan dari tempat itu tidak cukup panas untuk energi geotermis yang dicari, dan lokasi pengeboran itu kembali ditinggalkan begitu saja.

Namun, dari semua kesalahan insan itu, ternyata tempat ini mempunyai fenomena unik, yang kini menjadi lokasi wisata. Fenomenanya yaitu tempat ini sanggup menyemburkan air dan uap panas di aneka macam tempat. Selain itu, tempat ini juga mempunyai pemandangan warna-warni, yang memanjakan mata pengunjungnya. Seorang jago geologi Nevada, James Faulds, menyampaikan bahwa warna itu berasal dari mineral. Sulfur membuat warna kuning mustard, besi membuat warna merah dan ganggang menjadi warna hijau. Sayangnya tempat ini masih ditutup untuk umum meski menunjukkan keindahan yang akan disukai pengunjung.

Danau Abraham, Kanada

 namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan Tempat Paling Ajaib Di Bumi Seperti Di Dunia Lain

Fenomena yang terjadi di danau yang terletak di Kanada ini tak kalah unik dibandingkan dengan Fly Geyser di atas. Danau ini dibangun pada tahun 1972 dan menjadi kepingan pembangunan bendungan Bighors. Namun kini danau Abraham justru menjadi tempat terjadinya fenomena unik. Danau ini mempunyai fenomena berupa gelembung beku.

Saat demam isu hambar antara bulan Desember hingga Februari di Kanada, Danau Abraham yang seluas 53 km persegi ini akan membeku. Lalu perhatikanlah di balik airnya yang mengeras menjadi es, ada banyak gelembung yang juga ikut membeku. Ukuran gelembungnya beragam, dari yang kecil hingga diameternya sanggup mencapai 1 meter lebih.

Gelembung beku yang berada di danau ini sebetulnya bukan air, melainkan gas metana yang berasal dari tanah dan tumbuhan di dasar Danau Abraham. Gas metana ini berbahaya, lantaran gampang terbakar. Karena itulah traveler yang berkunjung ke sini diperingati semoga tak menyalakan api ketika berada di danau ini.

Walaupun permukaan air yang membeku di Danau Abraham cukup tebal, yakni mencapai ketebalan hingga 8-9 inci (20-22 cm), danau ini tetap terlalu seram untuk dibentuk berjalan-jalan, lantaran kalian sanggup melihat garis-garis retakan besar dan panjang di atasnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya jangan berjalan di atas danau yang beku.

Danau Baikal, Rusia

 namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan Tempat Paling Ajaib Di Bumi Seperti Di Dunia Lain

Meski dikenal sebagai negara yang penuh dengan salju, ternyata Rusia juga mempunyai tempat wisata yang indah untuk dipandang. Lokasi wisata itu salah satunya yaitu Danau Baikal, yang terletak di Siberia. Pada tahun 1996, danau ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau Baikal tepatnya terletak di selatan-tengah Rusia erat perbatasan Mongolia. Kota terbesar di dekatnya yaitu Irkutsk.

Dikelilingi pegunungan yang ditutupi salju, kedalaman Danau Baikal mencapai 1.637 m, dengan panjang 636 km, dan lebar 79 km. Hal ini sekaligus menjadikannya sebagai danau terdalam di dunia. Jika dilihat, penampilannya justru lebih menyerupai bahari ketimbang danau. Tak hanya itu saja, ternyata Danau Baikal juga menyimpan 23 persen air higienis di dunia. Ya, air di danau Baikal memang sangat jernih. Saking jernihnya, air di sini sanggup eksklusif diminum.

Selain menyabet ‘penghargaan’ sebagai danau terdalam di dunia, ternyata Danau Baikal juga mendapat titel sebagai danau tertua di dunia. Percaya atau tidak, danau bagus ini sudah berusia lebih dari 25 juta tahun.

Keanekaragaman hayati yang kaya dan unik di Danau Baikal merupakan salah satu 'harta karun' danau ini. Ribuan spesies tumbuhan dan binatang tinggal di dalam dan di sekitar danau, dan sebagian besar spesies tersebut tak sanggup ditemukan di belahan bumi lain. Danau Baikal mempunyai koleksi anjing bahari serta bermacam-macam ikan dan invertebrata tembus pandang, termasuk cacing, aneka jenis udang dan plankton, siput, serta bunga karang.

Gunung Pelangi, Tiongkok

 namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan Tempat Paling Ajaib Di Bumi Seperti Di Dunia Lain

Gunung pelangi seluas 300 km persegi ini merupakan kepingan dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, Tiongkok. Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Walaupun begitu di sana tidak ditemui tumbuhan atau binatang apapun lantaran kondisi tanahnya yang tandus.

Bentuk lanskap yang bergunung-gunung di Zhangye-Danxia menyerupai yang kita lihat sekarang, ternyata dulunya yaitu laut. Usianya diperkirakan sudah mencapai jutaan tahun. Lapisan tanah yang berwarna-warni di gunung ini diperkirakan terbentuk dari letusan gunung berapi bawah bahari yang sudah terjadi jutaan tahun silam. Letusan ini tak hanya berlangsung sekali, tetapi berkali-kali.

Setiap letusan gunung berapi, membawa material logam dan mineral yang berbeda-beda. Ada material tanah yang mengandung kalsium, sulfur, besi, dan juga tembaga. Material tersebutlah yang membuat gunung ini jadi warna-warni.

Saat gunung ini pertama kali diketahui khalayak melalui foto yang beredar di internet, banyak yang beranggapan kalau contoh pelanginya merupakan hasil rekayasa komputer. Sekarang, Zhangye Danxia menjadi salah satu objek wisata paling dicari di Tiongkok, menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi bagi penduduk Zhangye. Warga setempat juga berinisiatif untuk membangun jalan semoga para pengunjung sanggup lebih gampang mengakses perbukitan tersebut. Karena keindahannya yang menakjubkan, gunung ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2010.

Danau Hillier, Australia

 namun sisanya masih butuh waktu untuk sanggup ditemukan Tempat Paling Ajaib Di Bumi Seperti Di Dunia Lain

Tempat paling aneh di Bumi yang terakhir yaitu Danau Hillier yang terletak di Australia Barat. Yang membuat danau ini unik yaitu warnanya. Jika biasanya danau berwarna biru atau hijau, maka danau yang satu ini justru berwarna pink.

Danau dengan air berwarna pink ini ditemukan secara kebetulan oleh Matthew Flinders ketika sedang mendaki puncak tertinggi di pulau ini. Kabarnya, nama Hillier yang digunakan di danau ini diambil dari nama salah satu anggota ekspedisinya yang meninggal di pulau ini pada tahun 1803, William Hillier.

Sebenarnya, dari mana datangnya warna pink dari danau ini? Berdasarkan spekulasi terakhir, warna merah muda itu disebabkan oleh alga. Namun dalam penelitian terbaru, peneliti mengonfirmasi bahwa kehadiran mikroba extremophille berkontribusi terhadap warna yang dihasilkan danau itu. Organisme tersebut sanggup hidup dalam lingkungan yang mempunyai tingkat salinitas tinggi.

Organisme yang hidup dalam danau ini tergolong tidak terlalu banyak. Hanya terdapat beberapa mikroorganisme yang menyampaikan warna pink menyerupai yang disebutkan sebelumnya. Jadi, di danau ini kalian tak akan menemukan binatang lain menyerupai ikan atau binatang air lainnya.

Walaupun berwarna pink menyerupai air yang terkotori limbah, air yang ada di danau ini terbilang kondusif dan tidak menyampaikan efek negatif apapun kepada manusia, selama orang tersebut tidak terlalu banyak menelan air yang ada di Danau Hillier. Pasalnya, air di danau ini mengandung kadar garam cukup tinggi.

Jadi, mana yang akan kalian kunjungi dari beberapa tempat paling aneh di Bumi di atas?

Sumber:
http://www.grid.id/read/04198637/fly-geyser-keindahan-alam-yang-bermula-dari-kesalahan-manusia?page=all
https://travel.detik.com/international-destination/d-3268144/fenomena-alam-yang-unik-di-kanada-gelembung-beku
https://www.rumahku.com/artikel/read/indahnya-gelembung-beku-di-danau-abraham-kanada-40159
https://blogger-detik.blogspot.com//search?q=percayalah-7-tempat-ajaib-ini-benar
https://travel.detik.com/international-destination/d-4068257/fakta-fakta-gunung-pelangi-di-china-yang-disebut-dalam-al-quran
https://travelingyuk.com/danau-hillier-pink-australia/57009/
https://www.liputan6.com/global/read/2465056/terkuak-misteri-danau-pink-di-australia
https://blogger-detik.blogspot.com//search?q=percayalah-7-tempat-ajaib-ini-benar


Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com