Monday, June 3, 2019

Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster Di Skotlandia

Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid, maka nama Loch Ness pastinya bukanlah nama yang asing. Itu yakni nama dari danau yang terletak di Skotlandia, Inggris. Danau tersebut populer di kalangan pecinta monster alasannya danau yang sama diperkirakan menjadi kawasan bersembunyinya Monster Loch Ness yang legendaris. Namun selain dongeng soal monster yang masih simpang siur tersebut, Danau Loch Ness juga mempunyai hal-hal lain yang tidak kalah menarik untuk diketahui. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Loch Ness Terhubung Langsung ke Laut

 Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster di Skotlandia

Orang-orang sudah usang mengetahui jika Loch Ness yakni sejenis danau, yang berarti Loch Ness intinya yakni tubuh air yang terkurung oleh daratan. Hal yang tidak banyak diketahui orang-orang yakni Loch Ness gotong royong terhubung secara eksklusif ke laut. Di sebelah timur dan barat, danau ini terhubung ke bahari lepas melalui sepasang sungai kecil.

Kondisi geografis Danau Loch Ness yang unik tersebut lantas menciptakan danau ini sepintas terlihat mirip jalan masuk alamiah yang membelah bab utara Pulau Britania. Sahabat anehdidunia.com danau Loch Ness sendiri memang mempunyai bentuk yang berbeda dibandingkan danau pada umumnya alasannya Danau Loch Ness mempunyai bentuk yang relatif sempit dan panjang kolam sungai raksasa. Jarak terjauh antara pantai utara dan selatannya tidak hingga 3 kilometer, sementara panjangnya mencapai lebih dari 36 km.

Karena Danau Loch Ness terhubung secara eksklusif ke laut, muncullah spekulasi dari kalangan pecinta teori konspirasi dan cryptozoologist jika monster Loch Ness yang legendaris jarang menampakkan diri ke hadapan insan alasannya monster tersebut hanya memakai Danau Loch Ness sebagai kawasan singgah, bukan kawasan tinggal utamanya.

2. Ada Istana di Tepi Danau Loch Ness

 Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster di Skotlandia

Loch Ness bukan hanya populer berkat dongeng soal monsternya. Di tepi danau ini, terdapat Istana Urquhart yang menjadi saksi bisu sejarah Pulau Britania pada Abad Pertengahan. Sahabat anehdidunia.com pada masa kini, Inggris dan Skotlandia memang berada dalam korelasi yang akur sebagai bab dari negara Inggris Raya. Namun tidak demikian halnya pada Abad Pertengahan, dan Istana Urquhart ini menjadi bukti kasatmata mengenai bagaimana panasnya korelasi kedua kerajaan bertetangga tersebut pada masa itu.

Istana Urquhart diperkirakan pertama kali dibangun pada periode ke-13. Saat terjadi perang antara Skotlandia melawan Inggris, istana ini berulang kali menjadi objek perebutan yang sengit antara kedua belah pihak. Tahun 1296 contohnya, istana ini diketahui berhasil diambil alih oleh pasukan Inggris pimpinan Raja Edward. Namun dua tahun berselang, istana tersebut kembali berpindah tangan ke Skotlandia.

Beberapa ratus tahun berlalu, istana ini kini berali fungsi menjadi kawasan wisata sejarah yang ramai. Pemandangan sekitarnya yang indah dan lokasinya yang akrab dengan Danau Loch Ness kian menambah alasan mengapa istana ini sebaiknya dikunjungi oleh mereka yang sedang berwisata ke Skotlandia. Berdasarkan data tahun 2011, Istana Urquhart yakni istana yang paling sering disambangi oleh turis sesudah Istana Edinburgh dan Stirling.

3. Ada Pulau di Tengah Danau Loch Ness

 Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster di Skotlandia

Danau yang mempunyai pulau di tengah-tengahnya bukan cuma Danau Toba. Danau Loch Ness juga mempunyai pulaunya sendiri. Pulau tersebut yakni Pulau Cherry yang jaraknya hanya 140 meter dari pantai terdekat Danau Loch Ness. Sahabat anehdidunia.com pulau ini awalnya mempunyai luas hampir 2.500 m2, namun abrasi yang terjadi di sisi pulau menyebabkan pulau ini tidak seluas sebelumnya.

Hal menarik yang dimiliki oleh Pulau Cherry bukan hanya ada pada lokasinya yang terletak di tengah-tengah danau. Pulau ini juga mempunyai reruntuhan istananya sendiri. Karena Pulau Cherry berukuran kecil dan terpisah dari daratan utama, istana yang ada di Pulau Cherry diperkirakan berfungsi sebagai kawasan pelarian.

4. Ada Monster di Danau Loch Ness(?)

 Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster di Skotlandia

Fakta yang satu ini pastinya sudah banyak diketahui oleh pembaca semua. Setiap kali mendengar kata Loch Ness, maka pikiran orang tersebut bakal eksklusif melayang ke sosok monster ibarat reptil bahari raksasa yang mungkin tinggal di dalamnya. Begitu terkenalnya legenda monster ini, sampai-sampai orang kerap salah mengira jika Loch Ness yakni nama monsternya. Padahal Loch Ness yakni nama danaunya, sementara monsternya sendiri dikenal dengan nama sebutan Monster Loch Ness atau Nessie.

Desas desus mengenai Monster Loch Ness sendiri sudah ada semenjak periode ke-7. Namun gres mulai pada tahun 1933, keberadaan monster ini mulai ditanggapi secara serius sesudah pada tahun 1933, muncul kesaksian dari sejumlah orang yang menyatakan jika mereka melihat sosok makhluk asing di Danau Loch Ness.

Salah seorang di antara mereka yang berjulukan Hugh Grey bahkan sempat mengambil foto dari makhluk yang ia klaim sebagai sosok Monster Loch Ness. Namun alasannya foto tersebut begitu buram, tidak semua orang mempercayai foto Grey tersebut. Mereka yang skeptis bahkan menuding jika foto yang diambil Grey aslinya hanyalah foto seekor anjing yang sedang berenang ke arah Grey sambil membawa tongkay kayu di mulutnya.

Karena keberadaan Monster Loch Ness sendiri masih diperdebatkan, orang-orang pun masih belum Monster Loch Ness tergolong sebagai binatang apa. Namun pada umumnya kalangan cryptozoologist – istilah untuk mereka yang tertarik akan hewan-hewan misterius dari sudut pandang ilmiah – mengkategorikan Monster Loch Ness sebagai sejenis plesiosaurus, dinosaurus bahari yang berleher panjang dan mempunyai dua pasang sirip di kedua sisi tubuhnya.

5. Monster Danau Loch Ness Makara Target Hoax yang Subur

 Bagi mereka yang gemar mencari informasi seputar binatang misterius atau cryptid Fakta Danau Loch Ness, Danau Monster di Skotlandia

Sebagai akhir dari begitu simpang siurnya informasi mengenai Monster Loch Ness, makhluk ini pun banyak dijadikan materi hoax dan informasi palsu. Baik oleh mereka yang ingin mencari ketenaran dalam waktu singkat, atau alasannya pelakunya hanya sekedar iseng. Tahun 1934 misalnya, beredar foto yang menampilkan sosok makhluk berkepala kecil dan berleher panjang sedang menyembul di permukaan danau. Foto tersebut selanjutnya dikenal dengan sebutan “foto andal bedah” (Surgeon’s photograph).

Foto andal bedah sempat dipercaya sebagai bukti foto paling terang mengenai keberadaan sosok Monster Loch Ness. Namun semenjak tahun 1994, foto tersebut dinyatakan sebagai hoax menyusul munculnya legalisasi dari Marmaduke Wetherell. Sahabat anehdidunia.com menurut Wetherell, foto tersebut aslinya menampilkan kepala patung mini yang ditempelkan pada mainan kapal selam. Ia kemudian menjual foto tersebut ke koran lokal Daily Mail sehingga minat publik akan Monster Loch Ness sempat kembali meningkat.

Foto hoax lain yang cukup populer muncul pada tahun 1977. Awalnya Anthony 'Doc' Shiels mengaku jika ia berhasil memotret Monster Loch Ness ketika sedang menginap di sebelah Istana Urquhart. Seperti foto andal bedah, foto yang diambil Shiels menampilkan sosok yang ibarat makhluk berleher panjang dan berkepala kecil. Perbedaan terbesarnya yakni di foto Shiels, monsternya terlihat seakan-akan sedang meringis.

Foto yang diambil Shiels dengan cepat dianggap sebagai hoax. Selain alasannya penampakan wajah monster dalam fotonya terlihat tidak masuk akal dan dibuat-buat, riak atau gelombang kecil juga tidak ditemukan di sekitar sosok Monster Loch Ness. Karena gejala rekayasa terlihat begitu terang di dalam fotonya, foto Shiels tadi kemudian lantas dikenal dengan sebutan “Boneka Bodoh Loch Ness” (Loch Ness Muppet).

Sebagai akhir dari sulitnya mendapat gambaran Monster Loch Ness yang terang di permukaan, pencarian yang dilakukan dengan teknik sonar dan penyelaman pun dilakukan. Namun kesannya masih nihil. Tingginya tingkat kekeruhan danau ini menyebabkan mereka yang melaksanakan penyelidikan di bawah permukaan air tetap sulit mendapat gambar Monster Loch Ness yang meyakinkan. Misteri keberadaan monster ini pun masih tetap tersembunyi di balik pekatnya air Danau Loch Ness.

referensi
https://www.telegraph.co.uk/travel/destinations/europe/united-kingdom/scotland/articles/Loch-Ness-Monster-50-fascinating-facts/
https://en.wikipedia.org/wiki/Cherry_Island_(Loch_Ness)
https://en.wikipedia.org/wiki/Loch_Ness
http://hoaxes.org/archive/permalink/the_loch_ness_muppet


Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com