Tuesday, June 4, 2019

Cerita Mistis Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia, mungkin kebanyakan bakal berkaitan dengan penampakan kuntilanak, pocong, atau genderuwo. Memang, dari kebanyakan orang yang mengalami kisah mistis itu, mereka melihat penampakan 3 makhluk yang sudah disebutkan tadi. Namun, selain penampakan 3 makhluk tadi, ada juga kisah mistis lainnya, yang sanggup dibilang sebagai kisah mistis terkenal di Indonesia. Berikut ini kisah mistisnya.

Si Manis Jembatan Ancol

 Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia Cerita Mistis Hantu Paling Populer Di Indonesia

Ancol memang merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta, yang tentunya merupakan tempat yang menyenangkan untuk sanggup melepas penat. Namun, di balik itu, Ancol menyimpan satu kisah mistis yang cukup populer, bahkan di seluruh Indonesia. Kisah mistis itu yaitu penampakan perempuan berparas cantik, yang dikenal dengan nama Si Manis Jembatan Ancol. Berlokasi di jembatan goyang Ancol, seorang pelukis lokal pernah didatangi oleh seorang perempuan anggun dan meminta untuk dilukiskan. Saat pelukis gres melukis separuh badannya, perempuan tersebut tiba-tiba menghilang, dan tak sanggup ditemukan di mana pun.

Ada juga penampakan Si Manis ini di akrab kios rokok. Sang pemiliki kios yang berjulukan Anshori mengaku melihat penampakan Si Manis ini dengan jelas. Wanita itu tersenyum kepada Anshori. Ketika jaraknya hanya sekitar 50 cm, sebagai seorang pedagang, tentunya beliau bertanya mau beli apa. Namun, hanya dalam satu kedipan mata, perempuan itu mendadak hilang. Anshori menjelaskan bahwa perempuan tersebut mempunyai paras yang manis dan memakai baju berwarna kuning dan rok abu-abu.
Ada 2 versi dongeng berbeda mengenai sosok si manis yang menghuni Jembatan Ancol. Versi pertama yaitu dikisahkan seorang gadis berjulukan Maryam (Siti Ariah) tewas di sekitar jembatan ini sesudah diperkosa secara bergilir oleh beberapa orang pria. Oleh mereka, mayatnya dibuang di Jembatan Ancol. Sahabat anehdidunia.com alasannya yaitu maut Maryam yang tak wajar, maka arwahnya pun dipercaya masih bergentayangan di sekitar jembatan tersebut.

Sementara versi kedua agak berbeda. Nama dari perempuan yang bergentayangan di jembatan Ancol ini masih sama, yaitu Maryam, dan beliau memang tewas di jembatan ini, tapi kematiannya bukan alasannya yaitu diperkosa menyerupai versi yang pertama. Dikisahkan Maryam merupakan kembang desa yang kecantikannya menciptakan para laki-laki desa bertekuk lutut di hadapannya. Dia tinggal di sebuah paviliun milik orang kaya bersama ibu dan kakaknya. Si orang kaya pemilik paviliun tersebut tertarik pada Maryam dan bermaksud menikahinya. Namun, Maryam menolak alasannya yaitu tahu hanya akan dijadikan simpanan.

Singkatnya, Maryam kabur untuk menghindari paksaan juragan kaya pemilik paviliun tempat tinggalnya itu. Pelarian Maryam mengantarnya ke daerah Ancol, di mana di sana ada seorang laki-laki kaya lainnya di Batavia yang mempunyai villa di daerah Bintang Mas Ancol. Dia pun memerintahkan centeng-centengnya semoga membawa Maryam dijadikan perempuan simpanannya. Maryam pun mengatakan perlawanan. Namun, alasannya yaitu Maryam yaitu seorang wanita, beliau pun kalah besar lengan berkuasa dibandingkan centeng-centeng tersebut, hingga hasilnya tewas di tangan centeng tersebut. Mayatnya kemudian dibuang begitu saja di area persawahan yang jaraknya sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol.

Terowongan Casablanca

 Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia Cerita Mistis Hantu Paling Populer Di Indonesia

Mungkin kalian sering melewati terowongan ini. Terowongan ini dikenal angker oleh warga sekitarnya. Rumornya, banyak orang yang melihat sosok seorang nenek di dalam terowongan. Nenek tersebut dipercaya merupakan arwah yang ingin balas dendam sesudah tewas diperkosa dan dibuang di terowongan itu. Sahabat anehdidunia.com nggak cuma itu, nenek tersebut juga ditemani oleh seorang anak kecil atau seorang cowok yang mati gantung diri di sana. Dari situ, muncul satu ‘ritual’, yang mengharuskan semua pengendara membunyikan klakson kendaraannya sebagai bentuk usul izin ke para makhluk halus penunggu terowongan ini. Kabarnya, mereka yang tak minta izin akan mengalami kecelakaan atau sering diteror oleh para arwah tersebut.

Sama menyerupai kisah Si Manis Jembatan Ancol, Terowongan Casablanca ini juga mempunyai aneka macam versi latar belakangnya. Dulunya, berdasarkan kabar, dikala di lokasi itu belum dibangun jalan, tanah tersebut merupakan lahan untuk kuburan massal. Kemudian, pemerintah memindahkan kuburan itu untuk dibangun jalan raya. Saat proses pemindahan, dikabarkan ada satu mayat yang bentuknya masih utuh, dan arwah dari mayat itulah yang menjadi penunggu terowongan ini sesudah dibangun jalan.

Versi lainnya, sekitar beberapa kurun silam, ada gadis sangat anggun yang menjadi korban pemerkosaan. Dia dilecehkan secara seksual oleh sekelompok orang, hingga hasilnya tewas. Mayat gadis tersebut dibuang dan dibiarkan begitu saja. Jadilah hingga sekarang muncul dongeng mistis wacana hantu nenek yang berdasarkan desas-desus merupakan perwujudan dari gadis yang diperkosa berabad-abad silam. Angkernya lokasi ini makin bertambah alasannya yaitu banyak kecelakaan terjadi, mulai kecelakaan kendaraan beroda empat hingga motor. Menurut para korban kecelakaan yang selamat, mereka melihat makhluk-makhluk astral berkeliaran, dan hal itu mengganggu konsentrasi mengendarai motor atau kendaraan beroda empat sehingga terjadi kecelakaan.

Rumah Pondok Indah

 Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia Cerita Mistis Hantu Paling Populer Di Indonesia

Pondok Indah yaitu satu daerah elit yang terletak di Jakarta Selatan. Sesuai namanya, daerah ini dipenuhi oleh rumah-rumah glamor nan megah, dan hanya sanggup dihuni oleh orang-orang kaya. Namun, di balik mewahnya rumah-rumah yang ada di sana, ada satu rumah yang dinilai angker, dan kerap menjadi pembicaraan pada era simpulan 90-an hingga awal 2000-an. Rumah itu yaitu rumah bernomor 83, dan kerap disebut sebagai Misteri Rumah Pondok Indah.

Berbagai kisah mistis seputar rumah ini bermunculan. Salah satunya yang paling terkenal yaitu kisah seorang penjual nasi goreng diduga menghilang sesudah mengantar pesanan ke dalam rumah, sementara gerobaknya masih tertinggal di luar. Padahal, rumah tersebut telah usang tak berpenghuni. Namun, banyak yang bilang bahwa kisah ini terlalu dibuat-buat. Menurut satu sumber, ada warga yang tinggal di akrab rumah ini semenjak tahun 1993, dan tak pernah terjadi apa-apa. Bahkan beliau juga mengenal semua penjual nasi goreng yang berjualan di sekitar rumah ini. Mereka dikumpulkan, dan ternyata tak pernah ada penjual nasi goreng yang hilang, semua masih lengkap.

Rumah yang terletak di jalan Metro Pondok Indah ini mulai dikenal angker sesudah pada tahun 1983 penghuni rumah dibantai habis oleh sekelompok perampok. Diketahui warga yang tinggal di rumah itu yaitu WNA, dengan total 7 orang, termasuk anak kecil dan seorang PRT. Sahabat anehdidunia.com sejak dikala itu, adanya penampakan arwah penghuni rumah sering terlihat, meski sebetulnya arwah dari penghuni rumah itu tak mengganggu. Yang mengganggu yaitu makhluk halus yang ‘mampir’ ke rumah tersebut. Hal itu diutarakan oleh seorang satpam yang bekerja di akrab rumah angker itu.

Satpam itu juga mengungkapkan ada kisah misteri lain seputar rumah tersebut. Pernah suatu hari, temannya yang sedang membonceng istrinya hendak pulang pada pukul 12 malam. Tiba-tiba ketika melewati rumah itu, ketika temannya itu menengok ke belakang, istrinya sudah hilang. Itupun diketahuinya sesudah jalan cukup jauh. Temannya itu kemudian balik lagi ke lokasi dan menemui istrinya sudah tidak sadarkan diri di depan pintu gerbang rumah itu.

Ada dongeng lain lagi, dikala itu dua orang pengendara kendaraan beroda empat tiba-tiba mogok di akrab rumah hantu. Saat mereka kebingungan untuk meminta proteksi pada siapa, tiba-tiba dari rumah itu keluar orang yang menolong mereka berdua. Orang misterius itu mencoba memperbaiki kendaraan beroda empat mereka, dan mobilnya berhasil hidup lagi. Keesokan harinya beliau dapati rumah itu ternyata kosong melompong. Jadi, siapa yang menolong mereka berdua? Kini, rumah angker tersebut sudah rata dengan tanah, alasannya yaitu banyaknya kisah mistis seputar rumah tersebut.

Hantu Jamu Gendong

 Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia Cerita Mistis Hantu Paling Populer Di Indonesia

Ibu-ibu penjual jamu memang kerap terlihat di aneka macam jalanan yang ada di Indonesia. Namun, siapa sangka, ternyata ada satu mahkluk halus penjual jamu yang dikenal dengan nama Hantu Jamu Gendong. Munculnya hantu jamu gendong ini dialami oleh seorang satpam berjulukan Tono, yang sedang jaga malam di sebuah bank swasta di Yogyakarta. Saat itu, jam sudah memperlihatkan pukul 9 malam. Sahabat anehdidunia.com Tono sudah selesai patroli gedung bank tersebut, dan keluar gerbang untuk melihat situasi jalanan di depan bank tersebut. Tono merasa aneh, alasannya yaitu jalanan sudah sepi. Hanya terlihat satu penjual nasi goreng, yang juga sepi pelanggan. Tono pun kembali ke pos satpamnya untuk menciptakan segelas kopi alasannya yaitu tak ada sobat untuk diajak ngobrol.

Kopi yang dibuatnya belum habis, tiba-tiba terdengar bunyi perempuan paruh baya dari balik gerbang memperlihatkan jamu dagangannya. Tono yang tak curiga eksklusif menghampiri perempuan tersebut dan membeli jamu pegal linu. Tono sudah mulai curiga dikala perempuan penjual jamu itu hanya membisu saja meski diajak ngobrol, namun beliau tak ambil pusing. Saat selesai meminumnya dan ingin membayar, Tono gres sadar bahwa dompetnya berada di jaketnya, dan jaketnya itu tergantung di sepedanya yang terparkir di ruang samping kantor.

Tono pun bergegas mengambil dompetnya, dan kembali ke tempat di mana perempuan penjual jamu itu berada. Namun, ternyata perempuan itu sudah lenyap, dan jejaknya tak sanggup ditemukan di mana pun, padahal seharusnya beliau masih berada di akrab bank, mengingat Tono mengambil dompet hanya beberapa menit. Puncak dari keganjilan yang dialami Tono yaitu ketika beliau melihat tumpahan jamu yang beliau minum tadi, sudah berubah jadi darah dan berbau anyir. Makara ternyata Tono tadi meminum darah. Tono pun eksklusif memuntahkan jamu yang tadi beliau minum di toilet. Bisa jadi, bahwa perempuan yang tadi beliau temui yaitu Hantu Jamu Gendong.

Nenek Gayung

 Berbicara wacana dongeng mistis di Indonesia Cerita Mistis Hantu Paling Populer Di Indonesia

Sesuai namanya, Nenek Gayung yaitu penampakan makhluk halus berupa nenek-nenek, dan beliau membawa gayung dari batok kelapa. Mitosnya, siapapun yang berbicara kepada nenek misterius ini, dalam kurun waktu beberapa hari beliau akan menemui kematiannya sebagai tumbal ilmu hitam. Nenek ini biasanya muncul di tepi-tepi jalan. Suatu hari, ada dua orang laki-laki tengah melintas dijalanan dengan mengendarai sepeda motor. Mereka kemudian melihat ada seorang nenek di tepi jalan. Nenek ini terlihat linglung dan tampaknya butuh bantuan. Kedua laki-laki ini kemudian mendekati nenek tersebut dan menanyakan kemana arah yang ingin ditujunya. Akhirnya, mereka pun mengantar nenek tersebut dengan bonceng tiga.

Namun, beberapa dikala kemudian, motor yang ditumpangi dua laki-laki tersebut mengalami kecelakaan menabrak mobil, dan kecelakaan itu mengakibatkan salah satu dari dua laki-laki itu tewas. Temannya yang menyadari temannya telah meninggal, kemudian mencari nenek yang tadi mereka bawa. Namun anehnya, beliau tidak menemukan nenek misterius tersebut. Ketika menanyakannya kepada orang-orang yang mengerumuni mereka, tak ada satupun yang melihat sosok nenek itu, alasannya yaitu mereka hanya melihat dua laki-laki di atas motor. Sejak itu, rumor keberadaan hantu nenek gayung mencari tumbal semakin kencang berhembus. Bahkan cerita-cerita penampakan sosok hantu nenek gayung muncul di beberapa tempat di Indonesia.

Menurut kalian, mana dongeng mistis yang paling seram?

referensi: 
https://bacaterus.com/misteri-jembatan-ancol/
https://mozaic.mataharimall.com/female/urban-legend-indonesia-menyeramkan/
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/francisca-christy/macam-macam-sejarah-angkernya-terwongan-casablanca-ini-bikin-bergidik-ngeri/full
https://blogger-detik.blogspot.com//search?q=film-horor-hantu-terseram-di-dunia
https://travel.detik.com/destination/d-2272685/menguak-misteri-dua-rumah-hantu-terkenal-di-jakarta
https://www.wattpad.com/421825017-urban-legend-indonesia-6-hantu-jamu-gendong
https://cerita-hantu.com/2015/cerita-mitos/hantu-nenek-gayung/4108/

Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com