Tuesday, June 4, 2019

Menakutkan! Dongeng Mistis Seputar Militer Indonesia

Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja. Bisa dari rumah kosong, rumah sakit, rumah sendiri, atau bahkan dari dunia militer. Ya, menyerupai halnya rumah sakit, tempat-tempat yang berkaitan dengan kemiliteran Indonesia juga kerap mempunyai kisah mistisnya sendiri yang menciptakan siapa pun merinding. Berikut ini yaitu kisah mistis seputar militer Indonesia yang akan menciptakan kalian merinding.

Taruna Merah

 Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja Menakutkan! Kisah Mistis Seputar Militer Indonesia

Kisah mistis yang dikenal dengan nama Taruna Merah ini berasal dari salah satu institusi yang ada di Indonesia yaitu Akademi Militer Magelang. Diketahui, institusi ini telah berdiri semenjak tahun 1945 di bawah perintah Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat. Di usianya yang sama dengan usia Indonesia, tentu banyak kisah yang sanggup dibagikan, termasuk kisah mistis. Kisah ini bermula ketika ada seorang taruna yang diketahui berjulukan Moh. Socheh asal Solo. Dia dikenal andal dalam bela diri tangan kosong dan juga supranatural. Sayangnya, Moh. Socheh meninggal dunia ketika mengikuti ujian dopper atau dikenal dengan ujian merayap sambil ditembaki peluru tajam oleh para instruktur di institusi tersebut.

Pada ketika mengikuti ujian tersebut, muncul seekor ular hendak mematuk dia, sehingga ia menghindar dengan mendongakkan kepalanya ke atas. Akibatnya, helm baja yang dikenakan kepalanya tertembus peluru tajam yang ditembakkan para pelatih. Sahabat anehdidunia.com wajahnya berlumuran darah dan seketika itu juga ia eksklusif meninggal di tempat. Sejak itu, di institusi tersebut kerap muncul penampakan berupa sosok dengan baju seragam taruna lusuh dan robek-robek lengkap dengan topi baja yang berlubang muka yang hancur berlumuran darah. Diyakini, penampakan itu yaitu arwah dari Moh. Socheh. Karena sosok tersebut berlumuran darah, maka namanya dikenal sebagai Taruna Merah.

Setelah itu, beredar himbauan jikalau mendengar bunyi orang merintih di dalam WC bangsal, sebaiknya jangan ditanggapi atau eksklusif bergegas kabur alasannya yang merintih tersebut yaitu Taruna Merah. Pernah ada pengalaman seorang taruna lain yang membuka pintu WC daerah bunyi orang merintih kesakitan, dan yang ditemukan ternyata sosok Taruna Merah tersebut. Banyak pula yang bercerita pengalamannya ketika mereka mengikuti seleksi perguruan tinggi militer yang didatangi sosok Taruna Merah, baik itu melihat secara tidak sengaja ataupun didatangi melalui mimpinya. Dan anehnya para calon taruna akmil tersebut rata-rata dinyatakan lulus.

Suara drumband di Yogyakarta

 Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja Menakutkan! Kisah Mistis Seputar Militer Indonesia

Bagi warga Yogyakarta dan para pendatang di kota tersebut, tentu sudah sering mendengar wacana adanya bunyi misterius berupa bunyi musik drumband di pagi buta. Biasanya suaranya muncul jelang subuh, terdengar sayup-sayup bunyi drumband yang timbul tenggelam. Anehnya, orang-orang yang mendengar bunyi ini tak sanggup menemukan dari mana bunyi drumband itu berasal. Orang yang ada di sisi barat, mendengar bunyi drum grup band seperti dari timur. Sedangkan yang di timur, mendengarnya seperti dari barat. Sahabat anehdidunia.com begitu juga yang di utara, mendengar dari selatan dan yang di selatan mendengar dari utara.

Ada yang menyampaikan bahwa bunyi drumband itu yaitu genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang dalam perjalanan ke Kraton Yogyakarta atau sebaliknya. Bahkan banyak yang menyebutnya bunyi drumband setan, alasannya menganggap bunyi itu bukan dari manusia. Jika mengalami sendiri memang sanggup mengerikan, alasannya ada bunyi drumband tapi wujud yang memainkannya tak tampak. Namun, ada satu mitos terkait drumband mistis tersebut. Mitosnya yaitu bagi pendatang yang pernah mendengar bunyi drumband misterius ini bakal betah tinggal di Yogyakarta. Kelak ia akan usang tinggal di Yogyakarta atau malah sanggup jodoh orang Yogyakarta. Mengenai benar atau tidaknya, masih belum sanggup diketahui.

Teori yang paling masuk budi terkait bunyi drumband misterius ini yaitu berasal dari taruna AAU yang memang sedang berlatih drumband. Diketahui, mereka latihan militer mulai pukul 4 pagi hingga sekitar jam setengah 5 pagi jikalau ada penampilan, dan jam 5 hingga jam 6 jikalau latihan biasa. Sementara itu, pasukan yang berlatih drumband itu sekitar 300 taruna, jadi masuk akal saja jikalau suaranya sanggup terdengar ke segala arah, mengingat Kampus AAU terletak tak jauh dari sentra kota Yogyakarta, hanya sekitar 8 km di sebelah timur Kota Yogyakarta. Ditambah lagi, suasana pagi di Yogyakarta sangat sepi, sehingga suaranya sanggup terdengar cukup jelas.

Tandu Jenderal Soedirman

 Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja Menakutkan! Kisah Mistis Seputar Militer Indonesia

Selain Taruna Merah, kisah menakutkan lainnya yang melingkupi Akmil yaitu dongeng horor tandu Panglima Soedirman. Setiap calon taruna niscaya pernah menjalani RPS (Rute Panglima Soedirman) yaitu napak tilas usaha Jendral Soedirman semasa Gerilya dulu. Rute RPS bervariasi, biasanya dari Yogyakarta hingga ke Magelang, start mulai dari Pantai Selatan Yogyakarta hingga Magelang melalui aspal hingga jalan berbatu. Sahabat anehdidunia.com selama RPS, para calon taruna akan kebagian kiprah menggotong tandu yang disebut dengan Tandu Eyang Dirman itu. Tandu itu bukan asli, melainkan replika dari tandu yang dipakai Jendral Soedirman dulu. Jika sedang napak tilas malam, para calon taruna itu  diingatkan untuk tidak sekali-kali menoleh ke belakang ketika menggotong tandu tersebut. 

Para calon taruna itu juga diingatkan supaya selalu membersihkan hati dan ihklas ketika kebagian kiprah menggotong Tandu Eyang Dirman. Salah seorang taruna bercerita, suatu malam ia menggotong Tandu Eyang Dirman bersama rekan-rekannya. Namun, usang kelamaan ia merasa tandunya semakin berat. Ia teringat pesan komandannya untuk tidak menoleh ke belakang. Sialnya, salah seorang rekannya lupa. Ia menoleh ke belakang dan berteriak. Rekannya yang apes itu kemudian pingsan. Tak usang kemudian sehabis sadar, ia bercerita, ketika ia menoleh, ia melihat sosok menyerupai Jenderal Soedirman di dalam tandu tersebut.

Barak Bantir Sumowono

 Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja Menakutkan! Kisah Mistis Seputar Militer Indonesia

Sesuai namanya, barak ini terletak di Desa Bantir, Semarang. Meski dikenal dengan Barak Bantir, sebetulnya nama dari barak ini yaitu Komando Latihan Rindam IV Diponegoro. Di sini, terdapat beberapa kisah mistis yang mungkin bakal menciptakan siapapun tak berani mendekatinya. Di dalam barak, terdapat orang yang berjulukan Sardi (bukan nama sebenarnya), orang yang bertugas menawarkan bibit di lahan barak paling barat. Menurutnya, setiap ada aktivitas di barak militer yang melibatkan pelajar, mahasiswa mau pun anggota Tentara Nasional Indonesia AD, sanggup dipastikan terjadi kesurupan. Bahkan, terkadang yang dirasuki roh halus tak hanya 1 atau 2 orang saja. “Pernah terjadi, 10 orang mengalami kesurupan secara bersamaan,” ungkapnya.

Seperti layaknya orang kerasukan makhluk halus, mereka bertingkah di luar nalar. Ada yang mengaum menyerupai harimau, ada yang bersikap menyerupai serdadu Belanda hingga berteriak-teriak tak jelas.
Biasanya, roh yang merasuki raga akan ditanya apa maunya. Jawabannya beragam, ada yang meminta supaya kamar mandi dibersihkan, penerima diminta jangan berkata-kata kotor, minta rokok hingga larangan penerima jangan menciptakan kegaduhan. “Makanya setiap ada aktivitas di sini, seluruh penerima selalu diberi pengarahan. Sahabat anehdidunia.com meski begitu, tetap saja ada yang melanggarnya,” kata Sardi. Meski kerap terjadi kesurupan massal, namun tak pernah ada yang melaporkan adanya penampakan makhluk halus di sekitar barak ini.

Rutan militer Guntur

 Kisah mistis atau dongeng hantu sanggup tiba dari mana saja Menakutkan! Kisah Mistis Seputar Militer Indonesia

Banyak mitos yang beredar seputar Rumah Tahanan Guntur milik Tentara Nasional Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan, menyerupai contohnya kolam berisikan siluman buaya hingga hantu anggun berbaju putih. Konon hantu perempuan anggun berbaju putih itu sering menampakkan diri ketika petugas sedang berjaga di malam hari. Bahkan para tahanan pun pernah melihat penampakan tersebut. Menurut salah satu orang yang pernah melihatnya, sosok tersebut terlihat menyerupai perempuan berambut panjang dan mengenakan baju putih. Menurutnya lagi, memang banyak dongeng gaib yang beredar di lingkungan sekitar rutan. 

Hal ini alasannya pada zaman dulu banyak tahanan yang sakit dan hasilnya meninggal di dalam sel. Selain itu, bentuk bangunan rutan yang kuno dan bergaya Belanda menambah kesan menakutkan orang yang melihatnya. Kisah mistis lainnya juga terjadi pada tahanan yang ada di rutan ini. Petugas rutan pernah dicurhati oleh para tahanan bahwa mereka kerap suka oleh hantu-hantu jahil di sana. Biasanya, tahanan yang diganggu hantu yaitu tahanan yang selnya kotor dan jorok.

Apakah kalian berani untuk mengunjungi tempat-tempat angker di atas?

referensi 
https://blogger-detik.blogspot.com//search?q=negara-latihan-militer-paling-sadis
https://www.hipwee.com/travel/menguak-suara-misterius-drum-band-di-jogja-pada-dini-hari-begini-penjelasan-yang-harus-kamu-tahu/
https://www.kaskus.co.id/thread/5292c6180e8b464535000021/mengenal-sejarah-akmil-dan-cerita-mistis-dibaliknya/
https://www.kompasiana.com/bamset2014/580091b9aa23bddc118b456e/menelusuri-keangkeran-barak-militer-peninggalan-belanda
https://news.detik.com/berita/2055678/rumah-tahanan-guntur-dan-kisah-hantu-perempuan-berbaju-putih
https://www.brilio.net/serem/5-cerita-hantu-di-dunia-militer-indonesia-ini-bikin-bulu-kuduk-berdiri-171024b.html


Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com