Monday, June 3, 2019

Bikin Ingin Tau Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Jika bicara soal bangunan khas Mesir, maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang. Bangunan ini memang menjadi bangunan yang ikonik berkat ukurannya yang megah dan bentuknya yang khas. Saking terkenalnya bentuk yang dimiliki oleh piramid, nama piramida lantas diadopsi untuk menyebut berdiri ruang dengan pondasi segi empat dan bab atas yang meruncing.

Ada banyak piramid yang sudah ditemukan di Mesir. Namun dari sekian banyak piramid yang ada di negeri Afrika Utara tersebut, Piramid Giza ialah yang paling terkenal. Lantas apa yang menciptakan piramid tersebut lebih menonjol dibandingkan piramid Mesir lainnya? Jawabannya sanggup pembaca temukan dalam fakta-fakta di bawah ini.

Piramida Aslinya Adalah Bangunan Makam Raksasa

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Cukup mencengangkan untuk mengetahui bila bangunan semegah Piramid Giza aslinya ialah kuburan atau makam untuk menampung jasad raja-raja Mesir Kuno. Pembangunan piramid sendiri tidak lepas dari kepercayaan yang masih dianut oleh penduduk Mesir pada masa itu.

Menurut kepercayaan mereka, raja atau firaun Mesir bakal berubah menjadi menjadi ilahi di alam baka. Sebagai persiapan untuk menyongsong kehidupan gres setelah kematian, piramid dan kuil raksasa pun dibangun oleh raja-raja Mesir Kuno. Sahabat anehdidunia.com di dalam bangunan piramid, benda-benda menyerupai pelengkap juga turut disediakan alasannya ialah adanya kepercayaan bila benda-benda tadi bakal turut dibawa oleh arwah mendiang.

Piramid sendiri tidak dibangun sebagai bangunan yang berdiri sendiri, melainkan sebagai bab dari suatu kompleks bangunan yang lebih besar. Dalam kompleks yang sama, terdapat bangunan-bangunan penunjang menyerupai istana, kuil megah, serta ruangan berisi bahtera yang dipercaya bakal dijadikan kendaraan oleh arwah firaun ketika melaksanakan perjalanan ke alam baka. Namun banyak dari bangunan penyusun kompleks ini yang sudah menghilang akhir ditelan zaman.

Piramida Giza Terdiri dari Tiga Piramid Berbeda

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Apa yang disebut sebagai Piramid Besar Giza bukanlah bangunan piramid tunggal, melainkan tiga piramid raksasa yang lokasinya berdekatan satu sama lain. Ketiga piramid tersebut masing-masingnya ialah Piramid Khufu, Khafre, dan Menkaure. Nama dari masing-masing piramid diambil dari nama firaun yang dimakamkan di dalamnya.

Piramid Giza pertama yang dibangun ialah Piramid Khufu yang kini juga merupakan bangunan piramid terbesar di Giza. Piramid ini diperkirakan pertama kali dibangun pada tahun 2550 SM. Kurang lebih tiga dasawarsa kemudian, giliran putra Khufu yang berjulukan Khafre yang membangun piramidnya sendiri.

Di masa pemerintahan Khafre pulalah, patung raksasa Sphinx dibangun tidak jauh dari lokasi berdirinya piramid. Selain berkat ukurannya yang megah, patung ini juga populer alasannya ialah menampilkan sosok singa berwajah insan firaun. Spinx sendiri dibangun untuk menyimbolkan sosok penjaga kompleks makam raja-raja Mesir Kuno.

Piramid ketiga yang dibangun di Giza ialah Piramid Menkaure. Jika dibandingkan dengan dua piramid lainnya, Piramid Menkaure ialah yang terkecil. Namun piramid ini juga merupakan piramid dengan sistem kamar mayat yang lebih kompleks. Piramid Menkaure diperkirakan mulai dibangun pada tahun 2490 SM.

Selama Ribuan Tahun, Piramid Giza Adalah Bangunan Tertinggi di Dunia

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Dengan tinggi mencapai 146 meter, Piramid Khufu Giza sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia selama hampir 4.000 tahun. Sebuah rekor yang mengesankan mengingat piramid ini dibangun ketika teknologi arsitektur masih belum secanggih sekarang. Namun Piramid Khufu yang ada kini bahwasanya sedikit lebih kerdil alasannya ialah abrasi dan gempa bumi menyebabkan ketinggian piramid tersebut secara berangsur-angsur berkurang.

Bangunan pertama yang berhasil mematahkan rekor ketinggian Piramid Khufu sendiri ialah Katedral Lincoln yang simpulan dibangun pada tahun 1311 di Inggris. Gereja raksasa tersebut diketahui mempunyai tinggi mencapai 147 meter. Sahabat anehdidunia.com sesudah itu, bangunan-bangunan lain yang lebih tinggi terus dibangun seiring dengan kian majunya teknologi dan berubahnya kebutuhan zaman.

Walaupun Besar, Piramida Giza Hanya Memiliki Sedikit Ruangan



Bangunan besar normalnya bakal mempunyai ruangan yang besar atau berjumlah banyak. Namun hal demikian tidak berlaku untuk Piramid Khufu Giza. Pasalnya bab dalam piramid ini hanya terdiri dari lorong sempit serta tiga buah ruangan untuk menampung mayat firaun serta barang-barang pendampingnya. Selebihnya, yang menyusun sebagian besar interior bangunan ini ialah tumpukan kerikil penyusun piramid.

Di dalam bilik utama piramid, orang-orang sanggup melihat peti besar yang terbuat dari granit. Apa yang menciptakan peti tersebut menarik perhatian para hebat ialah ukuran petinya lebih besar dibandingkan ukuran lorong. Para hebat lantas berteori bila peti tersebut tidak dimasukkan ke dalam bilik setelah piramidnya simpulan dibangun. Tetapi piramidnya yang dibangun di sekeliling peti besar tadi.

Susunan Piramida Giza Sesuai Dengan Susunan Rasi Bintang

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Di kalangan pecinta sejarah Mesir Kuno dan teori konspirasi, topik mengenai susunan Piramid Giza merupakan salah satu topik yang paling kontroversial dan kerap menjadi materi perdebatan. Pasalnya topik ini dianggap bertentangan dengan informasi yang selama ini diyakini oleh golongan sejarawan umum.

Topik ini sendiri bermula dari teori yang diajukan oleh Robert Bauvall dalam bukunya pada tahun 1994. Menurut Bauvall, piramid-piramid Giza dibangun dengan bab pojok kiri atas yang persis sejajar miring alasannya ialah menyesuaikan dengan posisi tiga bintang di sabuk rasi Orion.

Teori Bauvall tersebut pribadi menerima kritikan dari sejumlah sejarawan alasannya ialah yang menawarkan nama dan teladan untuk rasi Orion bukanlah orang Mesir, melainkan Yunani Kuno. Sahabat anehdidunia.com pemberian nama Orion juga gres dilakukan berabad-abad setelah Piramid Giza simpulan dibangun. Bauvall dianggap mengajukan teori tersebut dengan hanya bermodalkan kecocokan tanpa disertai dengan pemahaman historis dan kultural.

Untuk menjelaskan mengapa Piramid Giza mempunyai susunan demikian, sejarawan lantas mengajukan pendapat alternatif bila piramid Giza disusun menyerupai itu biar ketiga piramid tadi sanggup terlihat seluruhnya oleh keluarga raja Mesir Kuno ketika mereka tiba dari arah Memphis, ibukota Mesir Kuno yang letaknya berada di sebelah selatan Giza. Karena susunannya yang unik pulalah, ketiga piramid terlihat sama tinggi ketika dilihat dari arah selatan kendati piramid-piramid tadi mempunyai ukuran yang berbeda satu sama lain.

Piramida Giza Tidak Dibangun oleh Budak

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Dengan melihat ukurannya yang besar, para hebat awalnya menduga bila Piramid Giza dibangun dengan memanfaatkan tenaga ribuan budak. Namun seiring dengan semakin banyaknya reruntuhan yang berhasil disingkap, klaim tersebut mulai ditinggalkan. Para hebat kini meyakini bila yang membangun Piramid Giza ialah pekerja bangunan terampil yang jumlahnya sanggup mencapai 30 ribu orang.

Karena lokasi pembangunan piramid berada di tempat yang gersang dan panas, maka terang diharapkan tempat yang layak supaya para pekerja yang jumlahnya banyak tersebut sanggup beristirahat dan memenuhi kebutuhan pangannya. Berdasarkan hasil penggalian, sejarawan menyimpulkan bila para pekerja tinggal di semacam desa sementara. Untuk kebutuhan makan sehari-hari, pemerintah sentra Mesir Kuno menyediakan hewan-hewan ternak semisal sapi dan kambing yang jumlahnya sanggup mencapai ribuan ekor.

Piramid Dulunya Memiliki Dinding yang Berkilauan

 maka piramida bakal menjadi bangunan yang pribadi terbayang di benak banyak orang Bikin Penasaran Fakta Mencengangkan Piramida Raksasa Giza

Sebagai bangunan yang didesain untuk menjadi tempat memakamkan raja, piramid pun dibangun biar terlihat semegah mungkin. Sahabat anehdidunia.com para sejarawan meyakini bila pada masa keemasan Mesir Kuno, Piramid Giza mempunyai dinding yang mengkilap alasannya ialah dilapisi oleh kerikil kapur. Sementara bab puncaknya dilapisi dengan emas. Ketika matahari bersinar, piramid tersebut akan terlihat berkilauan kolam kerikil mulia yang gres disepuh.

Pemandangan menakjubkan tersebut sayangnya tidak sanggup dijumpai lagi di masa kini alasannya ialah lapisan luar piramid sudah rusak akhir pengikisan dan penjarahan yang dilakukan oleh penduduk sekitar. Yang tersisa tinggal dinding luar piramid yang terlihat lusuh dan kusam. Meskipun begitu, ukuran piramid yang megah tetap bakal membersikan pesona tersendiri bagi mereka yang melihatnya secara pribadi dari dekat.

referensi
https://www.architecturaldigest.com/story/facts-never-knew-about-pyramids-of-giza
http://mentalfloss.com/article/75076/12-wondrous-facts-about-great-pyramid-giza
https://www.nationalgeographic.com/archaeology-and-history/archaeology/giza-pyramids/
http://egypt.hitchins.net/pyramid-myths/giza-pyramids-sorry-not.html

Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com