Monday, June 3, 2019

Aneh Bin Asing Orang Dapat Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup, baik itu binatang atau manusia. Tanpa adanya jantung, insan atau binatang itu tak akan hidup. Begitu pula dengan otak, tanpa adanya otak, insan tak akan hidup. Namun tampaknya pernyataan itu tak berlaku bagi orang-orang ini, alasannya yakni meskipun tanpa jantung atau organ vital lainnya, orang-orang ini dapat tetap hidup. Berikut ini yakni orang-orang abnormal yang dapat tetap hidup tanpa adanya organ vital ibarat jantung dan otak.

Carlos Rodriguez

 Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup Aneh Bin Ajaib Orang Bisa Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Carlos yakni seorang laki-laki yang dijuluki 'manusia separuh kepala'. Pasalnya, beliau telah kehilangan sebagian besar otak dan tulang tengkoraknya. Hal itu dikarenakan ketika usianya 14 tahun, Carlos pernah mencuri kendaraan beroda empat sehabis beliau dan teman-temannya minum minuman keras dan menghisap narkoba. Saat mereka mengendarai mobil, kecelakaan terjadi dan rem kendaraan beroda empat yang diinjak sangat mendadak menciptakan Carlos terpental dari dalam mobil, sehingga kepalanya menabrak sebuah batu.  Akhirnya, dokter harus memotong sebagian besar daging dan tulang di kepala untuk membantunya bertahan hidup. Otomatis, otak yang dimilikinya juga tinggal setengah.

Carlos pernah memperlihatkan dahi dan tengkoraknya yang tinggal separuh, tapi ia sering dianggap bohong. Namun ia tetap meyakinkan bahwa kondisi yang dialami benar-benar merupakan cedera ekstrem akhir narkoba.

Operasi yang dijalani oleh Carlos ketika itu yakni operasi hemispherectomy, atau pemotongan setengah bab otak. Tujuan utamanya yakni mengangkat bab otak yang rusak supaya nyawa pasien dapat tertolong. Sahabat anehdidunia.com selama 100 tahun terakhir, para dokter andal sudah melaksanakan aneka macam operasi ibarat ini untuk menyelamatkan nyawa pasien-pasiennya. Hal yang menakjubkan adalah, sifat kepribadian maupun ingatan dari pasien tidak berubah.

Jakub Halik

 Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup Aneh Bin Ajaib Orang Bisa Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Jakub Halik yakni seorang laki-laki asal Ceko, yang diketahui mengidap tumor ganas yang menggerogoti jantungnya sampai mengalami kerusakan permanen dan harus dibuang. Akhirnya, jantung Jakub mau tak mau harus diangkat, dan dokter menggantikannya dengan dua pompa mekanik sambil menunggu proses transplantasi jantung. Proses pengangkatan jantung milik Jakub itu dilakukan pada tahun 2012.

Meski tampaknya ada harapan, sayangnya nasib Jakub sedang tak bagus kala itu, alasannya yakni untuk mendapat transplantasi jantung di Institute for Clinical and Experimental Medicine (IKEM), seorang pasien donor harus masuk dalam daftar tunggu selama 8 bulan. Sahabat anehdidunia.com sejak menjalani operasi, Halik pun hanya dapat tinggal di atas dingklik roda dan alasannya yakni tak punya jantung, Halik tak mempunyai denyut nadi. Tapi uniknya, laki-laki berusia 37 tahun itu mengaku ibarat kembali hidup normal lagi.

Jakub memang sempat hidup tanpa jantung, namun 6 bulan kemudian, laki-laki yang sudah beristri dan mempunyai satu anak ini alhasil meninggal dunia pada tanggal 13 Oktober 2012 lalu. Alasannya yakni dokter tidak berhasil menemukan donor jantung yang kompatibel dari negara lain untuk transplantasi. Namun dari perkara Jakub ini, terbukti bahwa insan dapat tetap hidup meski tanpa adanya jantung, tentu saja dengan pertolongan alat lainnya.

Craig Lewis

 Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup Aneh Bin Ajaib Orang Bisa Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Sebelum adanya perkara Jakub Halik, perkara insan tanpa jantung yang sempat bikin heboh yakni perkara Craig Lewis. Tahun 2011, sama ibarat Jakub, laki-laki berusia 55 tahun itu juga pernah bertahan hidup tanpa mempunyai jantung. Setelah dipasang alat pompa mekanik pengganti jantung, ia masih dapat menjalani kehidupan meski hanya selang beberapa ahad saja sehabis operasi. Berkat alat pompa itu, Craig jadi insan pertama di dunia yang hidup tanpa jantung.

Meskipun dengan alat itu Craig masih dapat mempertahankan hidupnya, namun dua orang dokter dari Texas Heart Institute menawarkan solusi yang lebih revolusioner melalui penginstalan perangkat sehingga memungkinkan darah tetap dapat bersirkulasi di tubuhnya walau tanpa jantung. Sahabat anehdidunia.com hal ini pun dijadikan kenyataan oleh Dr. Bud Frazier dan Dr. Billy Cohn. Sebelumnya, mereka mengeluarkan jantung Lewis dan kemudian menginstal perangkat tersebut pada tubuhnya. Tak butuh waktu usang untuk menciptakan Craig kembali bangkit dan berbicara dengan para dokter.

Awalnya, Craig divonis mengidap amiloidosis yang sudah parah. Amiloidosis yakni kondisi dimana badan seseorang menghasilkan protein buruk, dan kalau dibiarkan, protein itu akan memenuhi organ badan sampai organ tersebut berhenti bekerja. Karena itulah, dokter pun bertindak cepat memasang perangkat tersebut, sehabis meminta izin pada istri Craig sebelumnya.

Setelah operasi ini selesai dilakukan, istri Lewis pun sangat bahagia dan takjub bahwa ia dapat melihat suaminya masih hidup meskipun tidak mempunyai detak jantung. Yang mengkhawatirkan yakni alasannya yakni tak mempunyai denyut jantung maupun denyut nadi, kalau Craig tiba-tiba pingsan, dan orang yang menolongnya tidak mengetahui riwayat kesehatannya, dapat saja Craig pribadi dikatakan meninggal, padahal belum.

Stan Larkin

 Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup Aneh Bin Ajaib Orang Bisa Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Sekilas, tak ada yang abnormal dari diri Stan Larkin, ketika laki-laki 25 tahun tersebut membawa anaknya yang masih kecil bermain di taman. Diketahui, beliau selalu membawa ransel abu-abu ke mana pun beliau pergi. Ternyata fungsi tas ransel itu sangat penting bagi Stan Larkin, sebagai nyawa cadangan. Di dalam tas tersebut berisi alat sumber daya jantung buatan yang terhubung pribadi ke bab dada untuk memompa darahnya.

Stan tak lagi mempunyai jantung alasannya yakni diangkat dari tubuhnya pada November 2014 lalu. Jantung Stan memang sudah bertahun-tahun bermasalah. Masalah itu gres disadarinya ketika dirinya tiba-tiba terjatuh ketika sedang bermain basket. Sahabat anehdidunia.com dari situ gres diketahui ternyata Stan mempunyai penyakit genetik terkait jantungnya yang disebut kardiomiopati familial. Tak cuma Stan, adiknya yang berjulukan Dominique ternyata juga mempunyai penyakit tersebut namun lebih awal menyadarinya.

Kardiomiopati sendiri merupakan sekumpulan kelainan pada jantung dengan kelainan utama terbatas pada miokardium. Kondisi ini dapat menghambat jantung untuk memompa darah secara efisien. Tipe kardiomiopati yang dialami Stan dan Dominique, disebut arrhythmogenic dysplasia, yang mengakibatkan aritmia dan gagal jantung pada kedua sisi.

Setelah lebih dari 500 hari beliau jalani dengan alat yang berada di ranselnya itu, alhasil Stan Larkin mendapat transplantasi jantungnya pada tanggal 9 Mei 2016 lalu. Ia sekarang sudah kembali hidup normal dan dinobatkan oleh Guinness World Records dan jurnal medis kedokteran sebagai satu-satunya insan yang berhasil hidup tanpa jantung selama 17 bulan.

Kaylee Moats

 Organ vital ibarat otak dan jantung merupakan organ penting bagi makhluk hidup Aneh Bin Ajaib Orang Bisa Hidup Tanpa Jantung Dan Otak

Kaylee terlihat ibarat wanita normal. Wajahnya cantik, berambut panjang, dan murah senyum. Padahal, di balik itu semua, beliau menyimpan penyakit yang cukup langka. Kaylee Moats, wanita asal Arizona, Amerika Serikat ini lahir dengan kondisi langka yang hanya mempengaruhi 1 dari 5 ribu bayi perempuan. Dia lahir tanpa vagina.

Kondisi ini menciptakan Kaylee tidak pernah mengalami menstruasi atau berafiliasi seks di usianya yang sekarang 23 tahun. Kaylee bersama keluarganya sekarang sedang berusaha menggalang dana untuk melaksanakan operasi rekonstruktif.

Kaylee mempunyai kondisi yang secara medis disebut Mayer-Roktansky-Kuster-Hauser. Kondisi ini diketahuinya, sehabis pada usia 18 tahun, Kaylee belum juga menstruasi. Setelah pemindaian MRI, kemudia diketahui kalau ternyata Kaylee tidak mempunyai vagina, pembukaan vagina, serviks, dan rahim. Artinya, Kaylee tidak akan dapat mengandung anaknya sendiri.

Meski tidak mempunyai rahim dan vagina, Kaylee masih mempunyai ovarium, yang membuatnya punya sel telur. Ini artinya, Kaylee masih dapat mempunyai anak, hanya saja untuk dapat melahirkan anaknya sendiri beliau harus meminjam rahim orang lain (surrogacy).

Orang-orang yang sudah disebutkan di atas yakni orang-orang yang kuat, alasannya yakni meskipun tak mempunyai organ vital, mereka tetap semangat untuk hidup dan tak pernah berputus asa. Bagaimana dengan kita yang terlahir normal? Sudahkah kita bersyukur?

referensi 
http://www.beritasatu.com
https://health.detik.com
http://forum.detik.com
https://health.detik.com
https://article.cerpen.co.id
https://www.liputan6.com

Sumber https://anehdidunia.blogspot.com

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com