Saturday, February 22, 2020

Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media

Pada tanggal 26 Juni 2011, media-media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan, Cina. Disebutkan kalau sebuah "kota siluman" muncul di atas sungai Xin'an setelah hujan lebat. Namun, media-media tersebut juga melaporkan kalau peristiwa ini terjadi akibat Mirage/Fatamorgana. Benarkah demikian?


Bagi kalian yang belum mengetahui kisah ini, berikut cuplikan berita berjudul 'kota hantu.

Lalu, yang mana yang benar?

Apakah video itu hoax?

Jika tidak, apakah fenomena yang terlihat di video adalah hasil dari Mirage?

Saya sendiri percaya kalau video itu bukan hoax. Tetapi saya juga percaya kalau fenomena yang terlihat bukan hasil dari Mirage.

Menurut saya, kasus yang kita hadapi ini sesungguhnya memiliki jawaban yang sangat sederhana, yaitu salah persepsi oleh media.

Media Cina yang pertama kali memposting berita ini tidak pernah mengatakan kalau sebuah kota misterius/siluman muncul di atas sungai Xin'an. Namun, media-media lain yang mengutipnya memiliki persepsi kalau sebuah kota memang muncul di atas sungai itu.

Mari kita lihat bersama-sama:

Video ini pertama kali diposting oleh media Cina jembatan Guang Yu di atas sungai Xin'an. Kita bisa mengenalinya dari lengkungan-lengkungan di sisi jembatan.

sungai itu penuh dengan gedung-gedung.

google earth, kita akan mendapatkan fotonya. Jelas, bangunan ini bukan bagian dari kota siluman.

Perhatikan bangunan yang paling kanan.

media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi mediamedia melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi mediaTernyata hanya bangunan biasa.

Lalu, dengan melihat kepada foto-foto lain pulau tersebut, kita juga bisa menemukan banyak gedung-gedung tinggi di sisi pulau seperti yang terlihat pada rekaman.

media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media
media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media(image source)

Kesimpulannya, bangunan-bangunan yang ada pada video tersebut bukanlah kota siluman atau hasil dari fenomena mirage. Melainkan memang bangunan-bangunan yang merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Jika melihat definisi dari mirage, maka fenomena yang terlihat pada video pun sepertinya tidak bisa disebut akibat dari mirage. Menurut saya, fenomena ini hanyalah sebuah fenomena kabut biasa yang juga sering terjadi di banyak bagian dunia, seperti yang terlihat di San Fransisco di bawah ini.

media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan Munculnya kota siluman di atas sungai Xin'an, Cina - kasus salah persepsi media
Ide mengenai kota gaib atau vortex memang menyenangkan karena bisa membawa fantasi kita terbang tinggi. Tetapi untuk kasus ini, sepertinya kita harus menahan imajinasi kita untuk sementara.


Sumber http://www.enigmablogger.com/

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com