Saturday, February 22, 2020

Buku enigma 2 Telah Terbit

Dear readers,  

Bulan Februari ini, blog ini sudah berusia 5 tahun. Pembaca-pembaca blog enigma di awal-awal yang masih SMP sekarang telah duduk di bangku kuliah, yang SMU sedang atau telah menamatkan kuliahnya, yang kuliah telah menikmati pekerjaan barunya di tengah-tengah masyarakat dan yang pasti semuanya bertambah tua dan mulai menjalani kehidupan dengan lebih bijak.

Mereka yang sudah membaca isi blog ini dari awal pasti mengetahui bahwa blog ini berkembang dari tulisan-tulisan yang "kurang serius" menjadi tulisan yang "lebih serius". 

Setelah menulis dengan "lebih serius" selama beberapa lama, banyak orang yang bertanya mengapa saya tidak berniat untuk menjadikan blog ini lebih "serius" atau "profesional" lagi, misalnya dengan menggunakan domain dotcom. 

Saya sendiri memang tidak pernah memiliki niat untuk itu karena saya beranggapan bahwa saya bukanlah seorang blogger atau pengelola media sosial yang serius. Tapi dalam hal menyampaikan sebuah informasi, saya selalu serius. Dan untuk menunjukkan soal "profesional" atau "serius" tersebut, saya mengijinkan blog ini dikonversi menjadi dua buah buku (Saya selalu merasa bahwa sebuah buku fisik terasa lebih "immortal" dibanding sebuah blog). 

Buku pertama telah terbit pada bulan April 2013 yang lalu. Dan sekarang buku yang kedua pun telah terbit.

Awalnya, saya menyiapkan naskah setebal 600-700 halaman karena ingin memberikan informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh. Namun karena hal tersebut akan membuat buku tersebut menjadi sangat mahal, maka dengan berbagai pertimbangan, saya dan editor memangkas setengahnya. Dan inilah jadinya.

Buku enigma 2 masih diterbitkan oleh penerbit Tangga Pustaka. Harganya Rp.55.000. Ukurannya 14 x 20 cm dengan tebal 284 halaman yang dibagi ke dalam 5 kategori yang seluruhnya berjumlah 27 bab. 15 Bab diantaranya belum pernah di-publish di blog enigma. Sedangkan bab-bab lainnya adalah topik yang pernah saya publish di blog enigma, namun ditulis ulang dengan memberikan tambahan-tambahan informasi terbaru. 
Semangat buku ini sama dengan blog enigma, yaitu berusaha melihat sisi yang lain dari sebuah kasus misteri yang umumnya akan menuntun kita kepada penjelasan yang lebih ilmiah. Jadi, jika kalian mencari sebuah buku misteri yang bombastis, bukan buku ini yang kalian butuhkan. 

Pada buku pertama, saya hanya memasukkan satu bab yang belum pernah di-publish di blog enigma, yaitu mengenai “UFO” pada karya-karya seni abad pertengahan. Pembahasan ini erat kaitannya dengan teori ancient alien. 
Karena menemukan topik ini cukup menarik dan populer (Thanks to History Channel), maka pada buku kedua ini, saya memasukkan satu kategori khusus mengenai ini. 

Kalian juga akan menemukan banyak tanggapan atas buku Chariots of the Gods yang ditulis oleh Erich von Daniken. Buku ini telah terjual sebanyak 60 juta kopi dan dianggap sebagai buku paling berpengaruh dalam kaitannya dengan teori ancient alien.  
Bahasan seperti UFO, alien, artefak misterius atau situs misterius dan cryptozoology masih menjadi pokok bahasan utama. Berikut beberapa topik spesifik yang bisa kalian jumpai di dalam buku ini:
Peta Piri Reis yang disebut sebagai peta super akurat karena mengetahui keberadaan Benua Antartika. Padahal peta ini dibuat pada tahun 1513 M dan Benua Antartika baru ditemukan pada tahun 1818 M. Apakah alien telah membantu pembuatan peta ini? 
Pada sebuah kuil yang telah berusia 4.250 tahun di Mesir, ditemukan sebuah ukiran yang sepertinya menggambarkan sebuah bola lampu pijar. Apakah ini membuktikan bahwa bangsa Mesir kuno memiliki teknologi listrik yang didapat dari alien? Jika tidak, apakah ada penjelasan lain yang lebih ilmiah? 
Di gua-gua sunyi di Kimberley, Australia, ditemukan banyak lukisan kuno berusia 5.000 tahun dengan bentuk figur-figur misterius, persis seperti alien yang kita tonton di film-film Holywood. Apakah figur-figur tersebut menggambarkan alien? Jika tidak, apa penjelasannya? 
Pada abad ke-19, seorang arkeolog legendaris Inggris yang sedang menggali di reruntuhan kota Assyria menemukan sekeping kaca yang dikemudian hari disebut Lensa Nimrud. Lensa ini sendiri telah berusia 2.700 tahun. Padahal mikroskop dan teleskop baru ditemukan pada abad ke-16. Apakah ini berarti bangsa Assyria kuno telah mampu membuat teleskop? 
Pada awal abad ke-20, para penjarah makam di Columbia menemukan banyak figurin kecil yang terbuat dari emas. Beberapa diantaranya memiliki kemiripan yang sangat luar biasa dengan pesawat terbang. Padahal figurin tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 1.000 tahun. Apa penjelasannya? Figurin apakah itu? 
Pada awal abad ke-20, para penyelam di dekat pulau Antikythera menemukan sebuah objek berkarat yang dikemudian hari disebut Antikythera mechanism. Setelah diteliti, benda ini ternyata berfungsi seperti sebuah komputer analog dan planetarium skala kecil. Padahal usianya 2.000 tahun! Benarkah bangsa Yunani kuno mendapatkan ilmu pengetahuan untuk membuat objek tersebut dari alien? 
Pada abad ke-20, di reruntuhan kota kuno Palenque, ditemukan sebuah sarkofagus milik Raja Pakal yang legendaris. Pada permukaannya, terdapat ukiran misterius yang kemudian menjadi topik menarik dalam buku Daniken. Ia menyebut ukiran ini sebagai bukti bahwa manusia masa lampau pernah menggunakan wahana untuk menjelajah angkasa. Bagaimana penjelasannya? 
Apakah UFO pernah mengunjungi Jepang pada abad ke-19? Jika tidak, apa makna ilustrasi yang terdapat pada buku kuno berikut ini? 

Pernahkah kalian merasakan "kehadiran makhluk lain" di dalam ruangan dingin yang sunyi? Bagaimana sains menjelaskan fenomena semacam ini?

Pernahkah kalian bertanya mengenai fenomena kerasukan massal? Bagaimana sains menanggapinya?

Bagaimana sains menjawab persoalan "foto hantu" seperti berikut ini?

Bagaimana para peneliti memandang situs Gunung padang di Cianjur dan klaim bahwa Indonesia adalah Atlantis yang hilang seperti yang ditulis oleh Prof. Arysio Nunes dos Santos pada bukunya yang terkenal itu? 
Banyak orang yang percaya bahwa alien telah membantu bangsa Mesir membangun Piramida. Namun tahukah kalian bahwa 2.500 tahun yang lalu, Herodotus, pernah mendeskripsikan teknik konstruksi Piramida di dalam bukunya yang legendaris itu? 
Tahukah kalian bahwa seorang peneliti dari Malaysia pernah meneliti jenglot? Apa kesimpulan ilmiahnya? 
Tahukah kalian bahwa pada abad ke-18, seorang Perancis pernah melaporkan penemuan mermaid di Maluku lengkap dengan ilustrasinya? 
Sementara kalian membaca postingan ini, buku enigma 2 ini sedang didistribusikan ke toko buku di seluruh Indonesia, termasuk Gramedia. Untuk sampai dipajang, mungkin butuh waktu beberapa hari walaupun saat ini di beberapa Gramedia di Jakarta sudah dijual resmi. 

Selain itu kalian juga bisa memesannya secara online lewat situs-situs di bawah ini. Situs-situs tersebut adalah rekomendasi dari penerbit:
  1. bukukita.com/@bukukita, (Rp.46.750), Informasi cara pembelian, klik disini. 
  2. pengenbuku.net/@pengenbuku, (Rp.46.750), Informasi cara pembelian, klik disini. 
  3. bukabuku.com/@bukabuku, (Rp.44.000), Bisa COD untuk wilayah Jakarta. Informasi cara pembelian, klik disini. 
  4. Atau hubungi @Republikbuku
Dan terakhir...
Untuk tetap meneruskan tradisi blog enigma, maka saya telah memasukkan sebuah riddle ke dalam buku tersebut. Bagi kalian yang suka dengan teka-teki, kalian bisa mencari riddle tersebut dan menemukan jawabannya. 

Mungkin kalian terdorong untuk bertanya apakah ada clue atau petunjuk yang akan saya berikan. Tidak ada clue. Kalian yang memahami isi tulisan saya di blog enigma pasti akan mengetahui jalan pikiran saya, saya harap begitu :)))

Untuk mendorong semangat perburuan kalian, saya akan memberikan hadiah untuk dua orang pertama yang bisa menemukan jawabannya. Masing-masing Rp.500.000. Jawaban riddle tersebut beserta penjelasannya harus saya terima lewat email kingdom.enigma@gmail.com (Hanya lewat email ini, dan tidak lewat media sosial lainnya). Bagi yang berhasil, saya akan mengumumkan nama (atau ID FB/Twitter) pemenangnya. 
Selamat membaca dan selamat berburu 


UPDATE - 30 SEPTEMBER 2014

Finally, salah seorang pembaca enigma 2 telah berhasil memecahkan riddle yang ada di dalam buku tersebut. Pembaca tersebut bernama Endang Karyadi. Ia berhasil menemukan titik awal, tahapan-tahapan hingga jawaban akhir dari riddle tersebut. Menurut saya, itu adalah sesuatu yang luar biasa.

Seperti yang telah saya janjikan, reward sebesar Rp.500.000 akan diberikan untuk Endang dan saya masih menantikan satu pembaca lagi untuk memecahkannya.

Selamat mencoba.

UPDATE - 02 OKTOBER 2014

Selain dalam bentuk buku, enigma 1 dan enigma 2 juga sudah tersedia dalam bentuk ebook. Bagi pengguna tablet android, kalian bisa menemukannya di Google Play dengan mengetik keyword "tangga pustaka enigma."




Sumber http://www.enigmablogger.com/

About the Author

Admin Neter

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Aneh Di Dunia. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com